Senin (13/10), Lapangan basket Fasor kembali diramaikan oleh kegiatan tournament bola basket Dies Natalis ke-54 ITS. Kali ini kan ada dua partai, yaitu FTSP vs FMIPA dan FTK vs FTI. Pada partai pertama, FTSP dan FMIPA akan bertanding untuk membawa pulang kemenangan. Mulai pukul 18.00, para pemain dan supporter FTSP dan FMIPA mulai berdatangan untuk mendukung tim kesayangannya.

Tim FTSP dan FMIPA akan bertanding dalam 4 quarter ke depan. Saat quarter pertama antara FTSP vs FMIPA telah dimulai, para pemain FTSP mulai menunjukkan tajamnya permainan mereka dengan melemparkan percobaan 3 poin ke ring FMIPA. Hingga beberapa menit kemudian, FTSP yang pertama memasukkan bola ke ring lawan. Mendapatkan poin pertama tidak mengendurkan serangan dari Fakultas yang mengangkat jargon “Tradisi Juara” ini. Tim FMIPA terus digempur oleh para pemain FTSP. Hingga Quarter pertama berakhir dengan skor 1-17 untuk kemenangan FTSP.

Tidak mau kalah dengan mudah, pemain FMIPA mencoba untuk mengimbangi permainan dari tim lawan. Namun, serangan FMIPA selalu bisa dipatahkan oleh para pemain FTSP yang rata-rata memiliki postur yang lebih besar. Tim FMIPA harus puas dengan hanya menambah 5 poin di quarter ini. Sementara FTSP melaju cepat dengan menambah 19 poin, sehingga skor di Quarter kedua adalah 6-36 untuk kemengan FTSP.

Pada quarter ketiga-pun tidak ada perlawanan berarti dari tim FMIPA. Mereka mengakhiri quarter ketiga dengan 7 poin, sementara FTSP melaju pesat dengan skor 68. Ketidakseimbangan permainan berlanjut ke quarter selanjutnya. Di quarter penentuan ini, FMIPA serasa tidak berdaya untuk menembus pertahanan FTSP. Mereka hanya bertanding setengah lapangan , dimana FTSP terus menggempur pertahanan FMIPA.

Pada menit-menit terakhir, para pemain FTSP semakin bersemangat untuk menyerang, dan memasukkan bola ke ring lawan. Pertandingan yang kurang seimbang ini diakhiri dengan skor 7- 102, atas kemenangan FTSP. Pembantaian ini disaksikan oleh supporter masing-masing tim dan juga supporter FTK serta FTI yang mulai berdatangan. (/nik)