Pertandingan final bola voli Dies Natalis 54 ITS yang dilaksanakan pada Jumat, 17 Oktober 2014 di Lapangan Indoor Pertamina ITS berlangsung istimewa dan menarik. Dalam partai final kali ini, FTSP berhasil mengirim kedua tim kesayangan mereka ke puncak turnamen bola Voli. Pada partai putra, FTSP bertanding melawan FTK, sedangkan pada partai putri, tim FTSP menghadapi tim putri dari FTI.
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Tim putra FTSP berhasil melangkah ke partai final berkat kemenangan 3-0 atas tim FTI dan FTIF yang dihadapi di partai penyisihan serta meraih kemenangan atas KPA yang dihadapai di partai semifinal. Pada partai final ini, tim FTSP harus bekerja keras menaklukkan FTK. Selama 3 set, skor antara keduanya tidak berbeda jauh. Hingga akhirnya, FTSP dapat mengalahkan FTK cukup dengan 3 set, dengan skor akhir 25-21.

“Kami sudah mempersiapkan semuanya sejak sebulan yang lalu ”, ucap Fauzi salah satu pemain tim putra FTSP. Mahasiswa angkatan 2013 Diploma Teknik Sipil ini mengatakan bahwa telah latihan rutin dengan tim FTSP setiap hari senin- kamis. Kemenangan tim ini tidak lepas dari kerja keras anggota tim yang terdiri dari para dosen, karyawan dan mahasiswa FTSP. “Saya merasa senang atas kerja keras tim putra FTSP, akhirnya terbayarkan dengan kemangan”, tambah Fauzi. Dia berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan dan menang kembali pada pertandingan tahun depan.

Sementara tim putri FTSP yang tampil gemilang saat itu, telah menundukkan FTI pada babak penyisihan, dengan skor tipis 3-2 dan menang telak 3-0 atas FTIf. Tidak berhenti sampai seperti itu saja, pada babak semifinal akhirnya, tim putri FMIPA harus mengakui ketangguhan FTSP. Dan pada partai puncak turnamen bola voli ini, FTSP berhasil menundukkan FTI dengan skor 3-0.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

“Kami hanya melakukan dua kali latihan bersama untuk persiapan Dies Natalis 54 kali ini”,kata Bunga salah satu atlet bola voli putri FTSP yang bermain gemilang saat itu. Tim putri FTSP diwakili oleh 12 atlet, yang terdiri dari 5 orang dosen/ karyawati dan 7 orang mahasiswi. Ternyata dari ketujuh mahasiswi yang mewakili FTSP, 5 orang diantaranya adalah mahasiswi baru 2014. “Seneng dan bangga banget”, tambah Bunga untuk mengungkapkan perasaan atas kemenangan FTSP. Bagaimana tidak, Bunga adalah mahasiswi baru 2014 yang baru pertama kali berpartisipasi mewakili FTSP dalam ajang Dies Natalis ITS. “Semoga tahun depan, bisa juara 1 lagi, untuk voli dan cabang olahraga lainnya, kalo bisa jadi juara umum”, Pungkasnya bersemangat sambil mengamininya.

Bapak Isa Arifin, selaku penanggungjawab kegiatan turnamen bola voli ini mengatakan bahwa, kegiatan ini telah berjalan dengan lancar hingga akhir. “Sayangnya, tim putri KPA tidak dapat mengikuti pertandingan, kemungkinan dikarenakan masalah pendanaan”, lanjutnya. Namun ada beberapa hal lainnya yang menjadi catatan bagi kegiatan ini. “Partisipasi dan kualitas atlet dari Dosen dan karyawan tiap tahun semakin menurun. Selain itu, dari mahasiswanya sendiri sudah banyak pemain bagus yang lulus. Hal ini diperburuk lagi dengan kurangnya sosialisasi terhadap mahasiswa baru 2014.” Ucap Pegawai unit penerbitan (ITS Press) ini.

Beliau berharap agar kompetisi tahun depan, mengikutsertakan perwakilan dari Politeknik, meskipun sekarang sudah tidak menjadi bagian dari ITS. Selain itu, acara yang meriah juga dicita-citakan Pak Isa untuk tahun depan. Dan yang menjadi keinginan beliau dari dulu dan belum sempat terealisasikan adalah adanya pertandingan exhibition antara ITS All Star dan tim dari luar ITS di akhir acara. (nik)