Pertandingan Basket dalam rangka Dies Natalis ke-54 ITS mulai bergulir tanggal 8 Oktober 2014. Berbeda dengan cabang olah raga lain dimana tim yang bertanding harus diperkuat oleh Dosen atau Karyawan maka pada cabang basket, tim diperbolehkan dari mahasiswa saja. Oleh karena itu, UK Basket ITS sebagai Koordinator pelaksana pertandingan memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi penuh di mana kelima tim dari fakultas akan saling berhadapan untuk memperebutkan dua tempat di final.

Pada laga perdana tim FMIPA berhadapan dengan FTIF. Pertandingan berlangsung kurang seimbang di mana FTIF mendominasi perolehan poin di setiap Quarter. Skor akhir pertandingan adalah 82 – 19 untuk FTIF. Pada partai kedua tim FTK bertanding melawan FTSP. Di quarter pertama, FTSP memimpin 7 – 4. Namun di Quarter ke-2 mulai meningkatkan permainannya dan berhasil mengejar perolehan poin menjadi 11 – 12. Pertandingan semakin seru di Quarter 3 dimana FTK balik memimpin 18 – 12. Kuarter ke-4 permainan semakin ketat yang diakhiri dengan kemenangan FTK 26 – 25.

Pada laga hari ke-2 9 Oktober, tim FTIF berhadapan dengan FTIF. Jika sebelumnya FTIF bermain dominan melawan FMIPA, maka kali ini FTIF harus mengakui keunggulan FTI dengan skor 25 – 46. Tim FMIPA kembali harus menelan kekalahan telak dari FTK dengan skor 6 – 83.

BAsket putaran pertama

Memasuki hari ke-3, tim FTSP berhadapan dengan FTI, sementara FTK melawan FTIF. FTI berhasil menundukkan FTSP dengan skor 23 – 17, sementara FTIF kembali harus menelan kekalahan dari FTK dengan skor 28 – 32.(/mwe)