Pada tanggal 22 September 2014 telah diadakan Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO) di Auditorium Perpustakaan ITS lantai 2. Sesindo merupakan kegiatan tahunan Jurusan Sistem Informasi ITS yang kali ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Dies Natalis 54 ITS mengusung tema yang sejalan yakni “The role of technology initiatives empowering Indonesian SME in addressing AEC challenge”. Seminar ini tidak hanya dihadiri oleh akademisi, tetapi juga pelaku UKMK sebagai mitra dengan hubungan timbal balik mutualisme. ITS berkewajiban menerapkan aspek pengabdian kepada masyarakat dalam Tridarma Perguruan Tinggi dengan meningkatkan performa dan daya saing UMKM. Pada Sesindo kali ini memiliki beberapa kegiatan diantaranya penanda tanganan MoU antara Association for Information Systems Indonesia (AISINDO) dengan Oracle, Plenary Session, Parallel Session, dan Seminar Internet Marketing untuk UMKM.

Penandatanganan MoU antara AISINDO (yang telah berafiliasi dengan Sesindo) dengan Oracle ini merupakan perjanjian kerjasama untuk saling mendukung dan bekersama dalam kegiatan kedepannya. Selanjutnya dalam kegiatan Plenary Session ini dihadirkan pembicara dari Oracle Indonesia yaitu Bapak Uday Mathkar dan dari ABSINDO yaitu Bapak Dr. Aries Muftie, S.E, S.H, M.Hum. Plenary Session ini dihadiri kurang lebih sebanyak 100 peserta. Acara dilanjutkan dengan Parallel Session yaitu presentasi paper yang sudah disubmit sebelumnya oleh peserta. Sesi ini dilakukan di 4 ruangan dengan topik yang berbeda dan dengan 2 tahap sesi sehingga terdapat 8 sesi keseluruhan. Dalam Parallel Session ini terdapat 71 presentasi dari 71 paper yang telah disubmit. Pesertanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, dan umum. Mereka saling bertukar ilmu dan informasi baik tentang penelitian yang mereka lakukan maupun tentang Sistem Informasi secara umum.

SESINDO2

 

Kegiatan Sesindo pun dilakukan di lantai 3 Perpustakaan ITS yaitu Seminar Internet Marketing untuk UMKM. Seminar Internet Marketing ini dipilih karena menyesuaikan dengan tema Dies Natalis 54 yaitu “Semangat Kemandirian” bangsa untuk AEC sehingga apa yang bisa Sistem Informasi lakukan untuk UMKM dalam menghadapi AEC dimana persaingan akan semakin ketat. Seminar ini diikuti oleh 19 UMKM yang nantinya dibina dan dibimbing dalam pembuatan dan pemeliharaan website usahanya, jika UMKM tersebut tertarik, maka kerjasamanya bisa dlanjutkan untuk kedepannya.

“Dengan adanya Plenary Session dan Parallel Session ini bisa menjadi tempat untuk saling sharing dan bertukar pikiran. Dan tentunya dengan seminar untuk UMKM ini kita bisa membantu UMKM dan melakukan tanggung jawab kita sebagai akademisi dalam pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi” ujar Nisfu Asrul Sani selaku Ketua Pelaksana Sesindo 2014 mengutarakan harapan dari terselenggaranya Sesindo ini. “Semoga tahun depan lebih bagus dan lebih meriah” lanjut Nisfu mengutarakan harapannya untuk Sesindo kedepan. (int)